You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Lahan Kelurahan Kebon Bawang Disulap Jadi Hijau
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Lahan Tidur Kelurahan Kebon Bawang Disulap Jadi Kebun

Lahan tidur seluas 50 meter di area Kantor Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, kini berubah jadi kebun yang asri, sejuk dan nyaman.

Me nciptakan lingkungan kerja yang asri dan indah,

Menurut Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Kebon Bawang, Asriana Dwiyanthi, lahan yang berada di samping kantor kelurahan ini sebelumnya banyak ditumbuhi rumput liar, serta penuh puing-puing dan barang bekas. Sehingga terkesan kumuh.

"Setelah serah terima kantor kelurahan tahun lalu, kami mulai menata untuk menciptakan lingkungan kerja yang asri dan indah," kata Asriana, Sabtu (17/2).

Kelurahan Semanan Panen Cabai Rawit

Ia menjelaskan, lahan yang memiliki panjang sekitar 10 meter dan lebar lima meter ini, sekarang  sudah banyak ditanam.aneka tanaman hias, pohon produktif serta sayuran dengan sistem hidroponik. Bahkan ada kolan ikan terapi yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Alhamdulilah tanaman cabai kita juga sudah makin lebat, tidak menyangka tumbuh besar-besar. Tiap panen, hasilnya bisa mencapai satu hingga tiga kilogram, " ujarnya.

Dikatakan Asriana, untuk menjaga dan merawat kebun ini setiap hari pihaknya mengerahkan 10 PPSU. Mereka bergiliran menjaga kebun, usai lakukan pekerjaan rutin.

"Jadi, usai mereka kerja di lapangan mereka kembali ke kebun ini lagi," terangnya.

Asriana berharap, hadirnya kebun ini membuat jajarannya lebih semangat memberikan pelayanan kepada publik. Serta warga yang berkunjung  merasa nyaman, sejuk, tenang dan asri.

"Mudah-mudahan kebun ini bermanfaat untuk semua. Semoga bisa menjadi motivasi warga untuk memanfaatkan pekarangan mereka dengan lahan seminim mungkin," ungkapnya.

Salah satu warga Tanjung Priok, Ryan (38), mengaku kantor kelurahan yang baru ini lebih terasa sejuk dan asri karena banyak tanaman hijaunya.

"Tanaman di sini sangat terlihat terawat, bahkan warga bisa memetiknya langsung. Tidak menyangka lahan kecil ini penuh beragam tanaman," pungkasnya

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1394 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1267 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1231 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1108 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye852 personFolmer